April: Mari Hadiahkan Buku untuk Perempuan Pejuang

www.macibaku.com

Macibaku Verbena: Hari ini bermacibaku dg Bu Nuryana (32 thn) tukang sayur langganan di kompleks kami. Selain bumbu dapur & sayuran, paling sering beli buah pepaya, tape, dan singkong kegemaran suami. Buku yg dihadiahkan kali ini adl sebuah novel berjudul "The Slippery Slope" (sumbangan Hanna Fransisca penulis "Konde Penyair Han") untuk anaknya Arif Susilo yg kelas 6 SD. "Nanti kasihkan bukunya sehabis ujian ya Bu..." Habis terima buku, Bu Nuryana sempat tanya, "Ini bukunya bayar berapa...?" "Ini gratis... dari Macibaku hehehe..." Mudah-mudahan Arif Susilo yg menurut Bu Nuryana suka membaca itu senang menerima hadiah novel tadi. Salam macibaku... Francisca Sukeisih www.macibaku.com

Dear Macibakuers, setelah di bulan Februari kita menghadiahkan buku untuk para guru SD dan Maret menghadiahkan buku untuk para rohaniawan, maka tema atau challenge kita di bulan April ini adalah menghadiahkan buku untuk para perempuan pejuang. Mengapa menghadiahkan buku untuk para pejuang perempuan?

Ya, alasannya karena pada April ini kita seperti biasa akan memperingati Hari Kartini yang bersejarah itu. Belakangan, gaung Hari Kartini tidak semeriah dan sebermakna dulu lagi. Bahkan kadang terasa sepi atau malah banyak dari kita sudah lupa untuk memperingati atau mengenang jasa Ibu Kartini dalam memperjuangkan hak-hak kaum perempuan.

Nah, siapa saja yang pantas kita sebut sebagai pejuang perempuan dalam konteks Macibaku di bulan April ini? Yang dimaksud pejuang perempuan di sini adalah para perempuan yang berjuang baik demi keberlangsungan hidupnya sendiri, keluarganya, kaumnya, atau masyarakat secara keseluruhan. Pendek kata, mari hadiahkan buku kepada perempuan-perempuan inspiratif, mulai dari lingkungan terdekat kita. Buku kita jadikan sebagai lambang penghargaan atau apresiasi kita atas perjuangan dan kerja keras mereka.

Contohnya mari hadiahkan buku untuk aktivis perempuan, perempuan-perempuan karier yang sukses dan menjadi inspirasi bagi kaumnya, pekerja sosial perempuan, pengusaha perempuan yang memberdayakan kaumnya, purnawirawan perempuan,  para janda atau single parent yang berjuang demi anak dan keluarganya, kaum perempuan yang bekerja di sektor-sektor laki-laki, atau bisa jadi ibunda kita yang selama ini membaktikan seluruh hidupnya bagi kemajuan dan keberhasilan kita para anaknya.

Seperti biasa, ini tema besar kita, dan kita berkesempatan untuk belajar kembali mengenai kebutuhan target macibaku dan memilihkan buku yang cocok untuk mereka. Para macibakuer diharapkan bisa memenuhi challenge ini minimal satu buku saja. Pada saat yang sama, macibakuers juga bisa melanjutkan challenge bulan-bulan sebelumnya yang belum terpenuhi atau bercibaku untuk target-target lainnya.

Jangan lupa, bercibaku tidak sekadar untuk kegiatan diri sendiri, tetapi juga kegiatan yang ditujukan untuk menginspirasi sebanyak mungkin orang untuk melakukan hal yang sama. Jadi, jangan lupa untuk juga mengajak para sahabat dan kolega di sekitar kita untuk bermacibaku. Salam hangat & selamat bermacibaku..[ez]

* Foto-foto Macibaku silakan klik: www.macibaku.com.

Posted in Program Bulanan