Buku untuk Tukang Asinan

masyarakat cinta baca & bagi buku

Djaja Tarmidji

Macibaku Verbena: Ini foto Pak Djaja Tarmidji, 67 tahun, penjual asinan khas di kompleks kami. Waktu kami tanya apakah dia suka baca, dia bilang matanya sdh kurang jelas melihat tulisan. Apakah anaknya suka baca, oh ternyata anaknya yang putri suka baca apa saja. Jadilah 4 buku motivasi & wirausaha berpindah tangan dengan pesan, “Tolong pesan kepada anak Bapak spy buku ini dibaca. Jika tidak dibaca, boleh diberikan ata dipinjamkan kepada yang mau baca”.

Nah, mungkin di sekeliling kita ada orang-orang spt Pak Djaja ini hampir tidak pernah menyentuh buku, tetapi kita ingin menularkan sesuatu melalui dia. Jadi “mari membaca mari berbagi”…. macibakuuuu….. :-)

Macibaku.. mari membaca mari berbagi… www.macibaku.com

Posted in Macibaku Verbena

6 Responses to Buku untuk Tukang Asinan

  1. mas..mau donk bukunya… Orang gajian bisa kaya

  2. eni kusuma says:

    saya sdh baca ttg macibaku. prinsipnya sama dg perpustakaan di rmh cerdas saya. untuk meningkatkan minat baca. tapi bedanya di rumah cerdas buku itu dipinjam secara gratis bukan disumbangkan. saya tertarik sekali utk ikutan macibaku. namanya macibaku rumah cerdas. pengelolanya eni kusuma. tapi gimana caranya mendapatkan donatur buku utk saya sumbangkan? buku memang mahal. saya aja merogoh kocek sendiri buat dipinjam scr gratis ke tetangga2 dan bergiliran.

    • andalbs says:

      En, Macibaku Indonesia akan mendukung dlm bentuk bagi pengalaman. Untuk bermacibaku tidak selalu harus membagikan buku, tetapi meminjamkan buku juga macibaku namanya. Intinya mendorong sebanyak mungkin orang membaca buku. Sedangkan untuk berbagi buku, bisa diawali dengan buku-buku murah atau buku bekas yg bisa dibeli di tempat2 diskon. Cara lain, menggunakan jejaring untuk aktif di kegiatan ini. Tanpa jejaring, sulit bisa mendapatkan bantuan buku. Jadi untuk Eni, gunakan pengaruh dan jejaringmu di Banyuwangi utk mendapatkan dukungan bagi kegiatan macibaku.

      Oh ya, bermacibaku tidak selalu diartikan mengumpulkan buku. Tetapi bisa juga terus mendorong dan memberikan semangat ke semakin banyak orang supaya mereka mau membaca dan membagikan bukunya. Hanya bila ada volunteer yang tidak sempat membagikan bukunya sendiri, macibaku bersedia membantu. Ini perbedaan macibaku dengan kegiatan2 yang lebih menekankan pengumpulan buku. Sebab jika hanya mengumpulkan buku, gerakan ini akan terbatas. Tetapi dengan terus menularkan virus cibaku ke setiap individu, secara terus-menerus, kemungkinan virus cibakunya akan menular dan lebih lama daya hidupnya.

      Ok, selamat bermacibaku.

  3. eni kusuma says:

    oya mas Edy…gimana caranya mendaftar macibaku rumah cerdas? tq.

    • andalbs says:

      Nanti kirim nama, alamat, email, kontak, dan penanggung jawab macibaku ke email saya ya. Bisa juga lewat FB, lalu dokumentasikan setiap kegiatan Macibaku Rumah Cerdas utk dishare di FB. Dengan begitu kita tahu kegiatan Macbaku Rumah Cerdas supaya bisa bersinergi dengan macibaku-macibaku yang lainnya. salam