Kode Etik

Macibaku (masyarakat cinta baca dan bagi buku) pada prinsipnya adalah sebuah spirit dari gerakan untuk meningkatkan budaya baca masyarakat denga cara menjadikan pemberian/penghadiahan buku sebagai kebiasaan yang berkembang dan meluas di masyarakat.

Setiap pribadi atau kelompok yang bersepakat dengan visi dan misi Macibaku Indonesia dipersilakan untuk membentuk kelompok Macibaku sendiri di daerah atau komnitasnya masing-masing. Untuk menjaga agar kegiatan macibaku-macibaku ini tetap dalam semangat dan koridor Macibaku Indonesia, maka dirumuskan kode etik sebagai berikut:

1. Semua kegiatan Macibaku tidak boleh dikaitkan dengan kepentingan atau kegiatan politik.

2. Macibaku hanya menerima sumbangan dalam bentuk buku dan semua kegiatan Macibaku tidak boleh diarahkan untuk mendapatkan sumbangan dalam bentuk uang.

3. Setiap kelompok atau unit Macibaku hasil inisiatif pribadi atau kelompok harus bertanggung jawab sepenuhnya atas kegiatan yang mereka adakan.

4. Untuk kepentingan menjalankan aktivitas macibaku dan kampanye cibaku, kelompok-kelompok macibaku diperkenankan menggunakan logo macibaku atau menambahkan nama macibakunya ke logo induk Macibaku Indonesia.

5. Semua buku yang masuk dari para dermawan harus disalurkan kepada pihak-pihak yang membutuhkan serta harus dipertanggungjawabkan kepada pihak penyumbang.

6. Kelompok-kelompok macibaku di daerah diminta untuk mendaftarkan nama dan pengelolanya serta diharuskan memberi laporan kegiatan ke Macibaku Indonesia.

7. Keluarga besar Macibaku diminta untuk terus-menerus mencari cara-cara kreatif dalam menjalankan aktivitas Macibaku.

8. Keluarga besar Macibaku diminta untuk terus-menerus ikut mengampanyekan program-program Macibaku Indonesia.

9. Keluarga besar Macibaku diminta untuk terus-menerus bekerjasama dengan semua pihak demi terealisasinya visi dan misi Macibaku.

10. Keluarga besar Macibaku diminta untuk terus-menerus dan konsisten mendorong setiap pemerintahan daerah atau kepala daerahnya untuk terus berusaha keras meningkatkan minat baca masyarakatnya.

11. Bermacibaku adalah kegiatan nonprofit dan semata-mata ditujukan untuk pengabdian dan pelayanan kepada masyarakat.

12. Setiap acara atau kegiatan Macibaku harus didokumentasikan dan disebarluaskan (diekspose) melalui saluran-saluran komunikasi masyarakat seperti Facebook, Twiter, blog, website, maliling list, dll, dengan tujuan meningkatkan efek kampanye macibaku.

13. Setiap macibakuer (aktivis/pelaku macibaku) memiliki tanggung jawab moral untuk melahirkan para macibakuer baru atau kelompok-kelompok macibaku baru.

14. Dalam konteks aktivitas macibaku, para macibakuer diharapkan mampu menjadi contoh atau role model bagi masyarakat.

15. Macibaku adalah spirit dan kegiatan untuk dan oleh semua golongan masyarakat tanpa memandang perbedaan idiologi, suku, agama, dan ras. Macibaku bersemangat Bhineka Tunggal Ika.

Demikian Kode Etik Macibaku yang akan dikembangkan dan disesuaikan seiring dengan perkembangan aktivitas Macibaku.[]

15 Responses to Kode Etik

  1. Macibaku Golden Star Purwokerto siap laksanakan kode Etik ini.

    AP

    • andalbs says:

      Selamat bermacibaku Pak Agung. Nanti jika wawancaranya dg Suara Merdeka muncul, boleh dishare. Sama jgn lupa mulai berbagi foto kegiatan. salam
      ez

  2. goen marga says:

    saya sdg menulis buku, rencananya royaltinya tidak akan saya ambil tetapi saya donasikan ke kegiatan sosial atau pendidikan, bolehkan nantinya numpang pasang disini. (buku msh dalam proses penerbitan 3 bln lagi oleh Group Gramedia. Saya jg telah menulis beberapa buku mgkn saya bisa sumbangkan barang 3 empat buah buku saya kesini saya kirim kemana?

    • andalbs says:

      Silakan Pak Goen kirim ke daftar alamat macibaku yg tertera di web ini. Semua buku akan langsung disalurkan ke target yg sesuai dan membutuhkan. Sukses sll & salam macibaku..

  3. jackie ambadar says:

    Saya senang diperkenalkan pada kelompok ini oleh adik saya Leila Mona Ganiem, saya langsung ingin berbagi….. kebetulan saya juga senang menulis, beberapa buku saya yang sudah diterbitkan: SIAPA TAKUT JADI PENGUSAHA; SUKSES BESAR DENGAN USAHA JASA; 10 SERI WIRAUSAHA PRAKTIS (bertiga dengan Ibu Miranty Abidin dan Ibu Yanti Isa) dan terakhir CSR DALAM PRAKTIK DI INDONESIA. yang terakhir diterbitkan oleh Elex media. Saya ingin berbagi pengalaman melalui tulisan, karena memang sudah menjadi kegemaran saya untuk menulis. Saya juga senang menggali pengalaman orang lain dari membaca……. oleh karena itu saya menyambut baik gerakan ini. Pertanyaan saya: Apabila saya ingin menyumbangkan buku2 lama, apakah bisa disalurkan? kemana yaaaa?. Salam untuk semua anggota MACIBAKU se Indonesia. InsyaAllah gerakan ini akan semakin populer…………Amiiiiiin.

    • andalbs says:

      Halo Bu Jackie, terima kasih sdh berkomentar & juga apresiasinya utk gerakan ini. Terima kasih juga sdh ikutan bermacibaku. Mudah2an aktivitas macibaku bisa bersambungan/bersinergi dg aktivitas Anda sbg penulis & pengusaha. Oh ya, untuk buku-buku lama, sebenarnya tetap ada manfaatnya. Jika di sekitar membutuhkan buku2 tersebut (utk tema2 motivasi, kesehatan, wirausaha, dan ilmu pengetahuan umum biasanya akan sll dibutuhkan), bisa langsung disumbangkan langsung ke pribadi2 atau bisa ke perpustakaan. Macibaku menyarankan agar lbh memilih pribadi2 scr langsung krn ini memberi kemungkinan buku dibaca. Tetapi jika memang ada perpustakaan & taman bacaan yg membutuhkan, boleh juga diberikan koleksinya. Prioritaskan di lingkungan sekeliling. Nah, ciri khas macibaku, pada saat bercibaku (membagikan bukunya), memang disarankan utk didokumentasikan & kemudian disebarluaskan melalui situs jejaring sosial utk mendapatkan efek kampanye gerakan & inspirasi utk melakukan hal yg sama. Baik, selamat bermacibaku & sukses sll.
      salam
      ez

  4. festie says:

    lap giat ke macibaku indonesia dalam bentuk apa dan ada batas waktu pelaporannya kah?

    • andalbs says:

      Dear Festie, cuman dlm bentuk tag foto2 kegiatan melalui facebook atau di grup facebook. dg begitu kita bisa pantau secara berkala. salam

  5. Liona says:

    Semangat yang saya rasakan sungguh luar biasa. Terima kasih

  6. ida susanti says:

    Smangat Macibaku semoga berbuah hasil mencerdaskan anak bangsa….amiin..dan insyaAllah saya mau berpatisipasi dan mengembangkan program ini!!!

    • andalbs says:

      Terima kasih apresiasinya. Mari ambil bagian dlm gerakan meningkatkan minat baca masyarakat, dimulai dari lingkungan terdekat. Selamat bermacibaku. salam macibaku..

  7. nur hidayat says:

    komunitas ini sudah lama aku cari…banyak yang punya buku sesudah dibaca disimpan dan pernah dibuka lagi… sementara banyak juga yang ingin baca buku namun ghak mampu membeli… insyaAllah berpartisipasi

  8. buku meruapak panji yang perlu dijaga dan dilestarikan, untuk cikal bakal bekal anak cucu

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>