Nyoman Wijayadnya: Memimpikan Perpustakaan di Setiap Balai Banjar

macibaku saraswati

Nyoman Wijayadnya di Taman Bacaan Macibaku Saraswati

Sesuai dengan Visi dan Misi MACIBAKU Indonesia, untuk ikut mencerdaskan bangsa dengan membasmi kebodohan dan sesuai juga dengan harapan MACIBAKU untuk mencapai Visi dan Misi tersebut memberi kebebasan untuk MACIBAKU-MACIBAKU yang telah tumbuh berkembang biak dimana-mana, untuk melaksanakan aktivitasnya disesuaikan dengan kondisi dan daerah masing-masing.

Sebagai contoh misalnya MACIBAKU SARASWATI dimana budaya baca masyarakat Bali masih relatif rendah jadi untuk program berbagi buku supaya lebih selektif untuk jangan sampai buku hanya pindah tempat saja dan juga password MACIBAKU harus dilaksanakan dan dipopulerkan: “Jika buku ini tidak dibaca, mohon diteruskan kepada pihak lain yang membutuhkan dan mau membacanya.”

Dengan kondisi seperti itu saya punya mimpi atau wacana untuk memberdayakan Balai Banjar yang bertebaran di pelosok desa di Bali, setiap Desa pasti mempunyai beberapa Balai Banjar (kurang lebih 100 KK per banjar), untuk orang di Bali fungsi Balai banjar sangat komplex dan vital, karena setiap aktivitas masyarakat semua ada disana, dari pertemuan adat, tempat belajar nari, menabuh, kegiatan Ibu-ibu, ceramah, aktivitas remaja (Seka Truna-truni), kongko-kongko dan lain-lain.

Coba bayangkan kalau seandainya di setiap Balai Banjar ada rak bukunya, katakanlah seperti Taman Bacaan Mini gratis, alangkah bahagianya kita bisa melihat budaya MACIBAKU menular sampai ke pelosok desa, dan setiap Balai banjar pasti ada juru kuncinya, dan untuk pengelolaan kita serahkan kepada mereka…

Salam Macibaku… Nyoman Wijayadnya.

Macibaku Saraswati: Nyoman Widjayadnya, d/a Jl. Kartini no. 97 Wangaya Kaja, Denpasar-Bali. Telepon: (0361)222304/ Hp: 08179933677 / 081339839269

Posted in Macibaku Saraswati